Pages

Ads 468x60px

Labels

Selasa, 17 April 2012

Ujian Nasional


yah hari ini adalah hari kedua UN tingkat SMA. tentu saja ini akan menjadi bahan perbincangan yang menarik khususnya untuk pelajar-pelajar SMA.
Ujian Nasional memang menjadi topik utama terutama bagi siswa dan siswi SMA. Mereka menganggap  UN tidak lah adil. Bayangkan sekolah selama 3 tahun hanya ditentukan oleh kertas yang tak kurang dari 1,5 jam. Banyak kasus yang di waktu masa sekolahnya Ia pandai dan berprestasi namun ketika Ujian Nasional tidak lulus.

Kenapa sih harus diadakan ujian nasional ??????????

Mungkin pertanyaaan itu sering muncul di benak kita. Ya katanya sih biar dapat pengukur kemampuan kita dan mengukur keberhasilan proses belajar.Sehingga pemerintah  dapat menaikkan standart mutu pendidikan Indonesia. Semakin tinggi tingkat kelulusan maka pemerintah akan menaikkan standart kelulusan. Hal itu tentu saja bertujuaan untuk peningkatan mutu pendidikan Indonesia.

Nah.......
Dalam kenyataanya apa seperti itu ?????????

Sebenarnya maksud pemerintah cukup lah beralasan dalam mengadakan UN meskipun banyak kalangan yang tidak setuju dengan UN. Yang menjadi masalah adalah kevalidan mengenai hasil ujian itu sendiri. Percumakan diadakan UN kalau masih banyak kecurangan-kecurangan. kita bisa melihat banyak sekali beredar kunci jawaban UN bahkan ada guru yang dengan sengaja membocorkan kunci jawaban ke murid-muridnya.

Kenapa seorang guru bisa seperti itu ???????

Inilah yang disebut dengan persaingan dan reputasi sekolah. Hal inilah yang mendorong guru/bahkan kepala sekolah  melakukan yang seharusnya tidak dilakukan. Kalau misalnya siswa-siswinya banyak yang g lulus jd repot kan?????. Orang-orang akan enggan menyekolahkan anaknya ke sekolah tersebut. Trus tahun depan sekolah itu akan kekurangan murid atau bahkan tidak dapat murid sama sekali.


Sungguh ironis Negara kita ini, UN adalah SEBUAH KEBOHONGAN.
Anggaran untuk UN yang katanya mencapai 580 M terbuang dengan percuma.






0 komentar:

Posting Komentar